Pages

Jumat, 01 April 2011

Definisi Jaringan

Jaringan komputer adalah "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih, menggunakan protokol komunikasi yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel ( wireless ) untuk keprluan komunikasi data.
Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sehingga dapat membuat komputer lain melakukan restart, shutdown, kehilangan file atau kerusakan system.
Dalam definisi jaringan yang lain, autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang independen dengan manajemen sistem sendiri (punya admin sendiri), memiliki topologi jaringan, memiliki hardware dan software sendiri dan dikoneksikan dengan jaringan autonomous lain. internet merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous yang sangat besar.

Dua komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi sumber daya dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan (harddisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll).
data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless), sehingga memungkinkan pengguna komputer delama jaringan itu seling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang ada dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer, printer atau peripheral yang terhubung dalam jaringan disebut node. sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar