Pages

Jumat, 01 April 2011

Client Server

Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer server yang memberikan sumber dayanya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, server mengatur mekanisme komunikasi anatarnode dalam jaringan.
Selain pada jaringan lokal, sistem ini bisa juga diterapkan dengan teknologi internet, di mana ada suatu unit komputer yang berfungsi sebagai server yang hanya bertugas memberikan pelayanan kepada komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan dari server. akses dilakukan secara, transparan dari client dengan melakukan, login ke server terlebih dahulu.

client hanya bisa menggunakan daya yang disediakan server sesuai otoritas yang di berikan administrator. Applikasi yang dijalankan pada sisi client bisa saja merupakan sumber daya yang tersedia di server namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server. Pada implementasinya, software aplikasi yang diinstalasi di sisi client berbeda dengan yang digunakan server.

Jenis layanan client-server antara lain:
  1. File server : memberikan layanan fungsi pengelolaaan file.
  2. Print server : memberikan layanan fungsi pencetakan.
  3. Database Server : proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan stasiun lain dapat meminta pelayanan darinya.
  4. DIP (Document Information Processing) : memberikan layanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data.

0 komentar:

Posting Komentar